Kreatif, Inofatif dan Terampil
ADS Banner Header 468x60 */
ADS 300x250
Footer Ads
SEO BLOG & TEMPLATES
CB Magazine »
TKJ
»
Selayang Pandang Tentang Teknik Komputer Dan Jaringan
Selayang Pandang Tentang Teknik Komputer Dan Jaringan
Posted by CB Magazine on 2014/10/28 |
TKJ
Selayang Pandang
Program Keahlian : Teknik Komputer Dan Informatika
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer Dan Jaringan
Program Keahlian : Teknik Komputer Dan Informatika
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer Dan Jaringan
Tujuan
program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan membekali peserta didik
dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
- Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstal sistem operasi dan aplikasi
- Menginstalasi perangkat jaringan berbasis lokal;
- Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas;
- Memperbaiki periferal komputer;
- Merancang sistem informasi sederhana berbasis komputer.
Adapun materi produktif yang dipelajari :
- Komputer Dasar dan Elektronika Dasar
- Instalasi Perawatan dan Perbaikan Komputer
- Local Area Network
- Wide Area Network
DASAR KEJURUAN
KOMPETENSI KEJURUAN
TUJUAN :
a. Siswa diharapkan mampu Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan.
b. Siswa diharapkan mampu Siswa mampu Mengatur service yang berjalan pada server.
c. Siswa diharapkan mampu Siswa mampu Mengecek kondisi server melalui log file.
d. Siswa diharapkan mampu Siswa mampu Mengisi log sheet / report sheet.
RUANG LINGKUP :
a. Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan.
b. Mengatur service yang berjalan pada server.
c. Mengecek kondisi server melalui log file.
d. Mengisi log sheet / report sheet.
SK/KD:
Peranan komputer untuk disain grafis sendiri di lingkungan masyarakat sangat di butuhkan. Bukan hanya di lingkungan masyarakat tetapi juga di lingkungan industri disain yang membutuhkan disain yang cepat. Maka dari itu sudah seharusnya siswa dapat menggunakan komputer untuk pekerjaan disain grafis sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan industri maupun masyarakat.
Web Desain
Technical Support
Materi tambahan :
|
||||||||||||
4. Mengidentifikasi Konverversi Bilangan Biner 5. Menerapkan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika SKL a. Siswa mampu menerapkan K3LH dan memahami perakitan komputer b. Siswa mampu memahami sistem operasi dasar dan mengidentifikasi konversi bilangan biner serta memahami konsep dasar listrik dan elektronika TUJUAN a. Siswa mampu memahami manfaat K3LH dan mampu melakukan perakitan komputer serta mengenal sistem operasi dasar b. Siswa mampu mengindentifikasi konversi bilangan dan memahami konsep dasar listrik dan elektronika. RUANG LINGKUP a. Menerapkan K3LH, merakit komputer dan mengenal sistem operasi dasar, b. Memahami perhitungan konversi bilangan, menerapkan konsep dasar listrik dan elektronika SK / KD
|
a. Siswa mampu merencanakan kebutuhan spesifikasi PC. b. Siswa mampu menginstallasi komponen PC c. Siswa mampu mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui system operasi). d. Siswa mampu menyambung / memasang peripheral (secara fisik) dan setting peripheral menggunakan software e. Siswa mampu memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan peripheral TUJUAN : a. Siswa diharapkan mampu merencanakan kebutuhan spesifikasi PC b. Siswa diharapkan mampu melakukan installasi PC. c. Siswa diharapkan mampu mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui system operasi). d. Siswa diharapkan mampu menyambung/memasang peripheral secara fisik dan setting peripheral menggunakan software. e. Siswa diharapkan mampu memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan peripheral. RUANG LINGKUP :
|
||||
2.Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral SKL :
|
||||
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC SKL :
|
||||
|
||||
1. Melakukan perawatan PC SKL:
|
||||
|
||||
1 Siswa mampu mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) 2. Siswa mampu Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual 3. Siswa mampu Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana 4. Siswa mampu Melaporkan hasil instalasi TUJUAN : a. Dapat mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) b. Dapat Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual c. Dapat Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana d. Dapat Melaporkan hasil instalasi RUANG LINGKUP : a. Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) b. Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual c. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana d. Melaporkan hasil instalasi SK/KD:
|
||||
1. Menginstallasi system operai berbasis Text SKL: a. Siswa dapat mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis text b. Siswa dapat melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual c. Siswa dapat mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana d. Siswa dapat melaporkan hasil instalasi TUJUAN : a. Dapat mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis text b. Dapat melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual c. Dapat mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana d. Dapat melaporkan hasil instalasi RUANG LINGKUP : a. Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis text b. Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual c. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana d. Melaporkan hasil instalasi. SK/KD:
|
||||
1. Menginstallasi software SKL: a. Mempersiapkan instalasi software b. Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
c. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting
d. Melaporkan hasil instalasiTUJUAN : a. Dapat mempersiapkan instalasi software b. Dapat melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
c. Dapat mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting
d. Dapat melaporkan hasil instalasiRUANG LINGKUP : a. Mempersiapkan instalasi software b. Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
c. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting
d. Melaporkan hasil instalasiSK/KD:
|
||||
1. Mem-Backup dan Me-Restore software SKL: a. Siswa dapat mempersiapkan software dan media back-up b. Siswa dapat Menyimpan data dan mematikan software c. Siswa dapat Meng-copy software ke media back-up d. Siswa dapat Menyimpan media back-up pada tempat yang disediakan c. Siswa dapat Me-restore software TUJUAN : a. Dapat mempersiapkan software dan media back-up b. Dapat Menyimpan data dan mematikan software c. Dapat Meng-copy software ke media back-up d. Dapat Menyimpan media back-up pada tempat yang disediakan c. Dapat Me-restore software RUANG LINGKUP : a. Mendeskripsikan persiapan software dan media back-up b. Menyimpan data dan mematikan software c. Meng-copy software ke media back-up d. Menyimpan media back-up pada tempat yang disediakan c. Me-restore software SK/KD:
|
||||
11.Menginstallasi perangkat jaringan lokal (LAN) SKL : a. Siswa mampu merencanakan kebutuhan dan spesifikasi b. Siswa mampu Menginstalasi Local Area Network c. Siswa mampu Mengatur perangkat menggunakan software d. Siswa mampu Menguji Local Area Network TUJUAN : a. Diharapkan siswa dapat merencanakan kebutuhan dan spesifikasi b. Diharapkan siswa mampu Menginstalasi Local Area Network c. Diharapkan Siswa mampu Mengatur perangkat menggunakan software d. Diharapkan Siswa mampu Menguji Local Area Network RUANG LINGKUP : a. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi b. Menginstalasi Local Area Network c. Mengatur perangkat menggunakan software d. Menguji Local Area Network SK/KD :
|
||||
12.Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan SKL: a. Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala yang muncul b. Memilah masalah berdasarkan kelompoknya c. Mengisolasi permasalahan TUJUAN : a. Siswa mampu Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala yang muncul b. Diharapkan siswa mampu Memilah masalah berdasarkan kelompoknya c. Diharapkan siswa mampu Mengisolasi permasalahan RUANG LINGKUP : a. Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala yang muncul b. Memilah masalah berdasarkan kelompoknya c. Mengisolasi permasalahan SK/KD:
|
||||
1. Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan SKL: a. Siswa mampu Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada PC yang bermasalah b. Siswa mampu Memperbaiki konektifitas jaringan pada PC c. Siswa mampu Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada PC TUJUAN : a. Dapat Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada PC yang bermasalah b. Dapat Memperbaiki konektifitas jaringan pada PC c. Dapat Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada PC RUANG LINGKUP : a. Mengidentifikasi perbaikan konektifitas jaringan pada PC yang bermasalah b. Memperbaiki konektifitas jaringan pada PC c. Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada PC SK/KD:
|
||||
a. Dapat Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasisGUI b. Dapat Melaksanakan instalasi sistem operasi jaringan sesuai installation manual c. Dapat Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi jaringan dan melakukan troubleshooting sederhana. d Siswa mampu Melaporkan hasil instalasi RUANG LINGKUP : a. Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasisGUI b. Melaksanakan instalasi sistem operasi jaringan sesuai installation manual c. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi jaringan dan melakukan troubleshooting sederhana d. Melaporkan hasil instalasi SK/KD:
SKL : |
||||
|
||||
a. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi b. Menginstalasi WAN c. Mengatur perangkat menggunakan software d. Menyambung / memasang perangkat dan setting perangkat menggunakan software e. Menguji WAN TUJUAN : a. Dapat Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi b. Dapat Menginstalasi WAN c. Dapat Mengatur perangkat menggunakan software d. Dapat Menyambung / memasang perangkat dan setting perangkat menggunakan software e. Dapat Menguji WAN RUANG LINGKUP : a. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi b. Menginstalasi WAN c. Mengatur perangkat menggunakan software d. Menyambung / memasang perangkat dan setting perangkat menggunakan software e. Menguji WAN SK/KD:
|
||||
17. Mendiagnosis permaslahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas SKL:
1. Dapat Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala yang muncul 2. Dapat Memilah masalah berdasarkan kelompoknya 3. Dapat Mengisolasi permasalahan RUANG LINGKUP :
|
||||
1. Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan SKL: a. Siswa mampu Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN b. Siswa mampu Memperbaiki konektifitas jaringan pada perangkat WAN c. Siswa mampu Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN TUJUAN : a. Dapat Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN b. Dapat Siswa mampu Memperbaiki konektifitas jaringan pada perangkat WAN c. Dapat Siswa mampu Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN RUANG LINGKUP : a. Mendeskripsikan perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN b. Memperbaiki konektifitas jaringan pada perangkat WAN c. Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan SK/KD:
|
||||
|
||||
SKL : a. Siswa mampu Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan b. Siswa mampu Mengatur service yang berjalan pada server c. Siswa mampu Mengecek kondisi server melalui log file d. Siswa mampu Mengisi log sheet / report sheet |
a. Siswa diharapkan mampu Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan.
b. Siswa diharapkan mampu Siswa mampu Mengatur service yang berjalan pada server.
c. Siswa diharapkan mampu Siswa mampu Mengecek kondisi server melalui log file.
d. Siswa diharapkan mampu Siswa mampu Mengisi log sheet / report sheet.
RUANG LINGKUP :
a. Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan.
b. Mengatur service yang berjalan pada server.
c. Mengecek kondisi server melalui log file.
d. Mengisi log sheet / report sheet.
SK/KD:
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
a. Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan b. Mengatur service yang berjalan pada server c. Mengecek kondisi server melalui log file d. Mengisi log sheet / report sheet |
- Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Muatan Lokal
- Latar Belakang
Peranan komputer untuk disain grafis sendiri di lingkungan masyarakat sangat di butuhkan. Bukan hanya di lingkungan masyarakat tetapi juga di lingkungan industri disain yang membutuhkan disain yang cepat. Maka dari itu sudah seharusnya siswa dapat menggunakan komputer untuk pekerjaan disain grafis sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan industri maupun masyarakat.
- Tujuan
- Siswa mamapu menggunakan software disain grafis untuk mendisain produk
- Menciptakan peserta didik yang memiliki daya kreasi yang tinggi
- Menciptakan peserta didik yang mampu bersaing di dunia industri
- Menciptakan peserta didik yang mampu memenuhi kebutuhan disain dalam masyarakat.
- Ruang Lingkup
- Menganalisis kebutuhan disain grafis dalam masyarakat.
- Menentukan tujuan pesan dalam disain produk.
- Menetapkan tujuan disain produk.
- Mengatur teks dan gambar.
- Pilih format yang sesuai dan tata letak.
- Pilih sesuai typefaces, jenis ukuran, jenis gaya, dan spasi.
- Menambah dan memanipulasi grafik.
- Mengatur teks dan gambar.
- Proses proofing.
- Memperbaiki dan menyempurnakan produk.
Web Desain
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.1. Menetapkan pemakaian dan struktur dokumen. 1.2. Membuat struktur dokumen dengan bahasa HTML |
|
2.1. Memformat dokumen dan menambahkan objek 2.2. Membuat tabel |
|
3.1. Membuat Link. 3.2. Menguji dan menyimpan dokumen |
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
1.3. Megerti dasar dasar Troblesooting komputer dan jaringan 1.4. Mengetahui perintah-perintah trobleshooting |
|
2.3. Mampu mengistallasi linux debian Woody 2.4. Memahami sistem administrasi linux debian |
|
3.3. Mampu Mengkonfigurasi Wi-Fi untuk Client dan Access Point 3.4. Mampu melakukan trobleshooting jaringan. |
- Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika
- Pemrograman Komputer
- Pemrograman Web
Tweet
ADS 336x280 Teks
Top Ads
Top 5 Popular of The Week
-
Manipulasi Foto "Negeri Atas Awan" Saya akan berbagi tips & trik tentang memanipulasi gambar. Jika tutorial sebelum...
-
Pengertian Blog dan Manfaat Blog - Saya akan definisikan dipertemuan kita kali ini. Pengertian Blog dan apa sih manfaat yang dapat kita...
-
PT. GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA Gambaran Perusahaan GarudaFood Group adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usah...
-
Soal Semesteran Design Grafis
-
Azzahra Islamic Boarding School (SMP IT Putri) adalah sekolah Islam terpadu dengan model pondok pesantren (boarding school) dengan target ...
-
Berikut ini adalah penjelasan fungsi-fungsi tombol keyboard: Ctrl + A = (All) digunakan untuk memilih seluruh objek baik gambar atau ...
-
PT. PUTRA ABI JAYA Gambaran Perusahaan Kami perusahaan kontraktor, bergerak dibidang pembangunan seperti pembangunan ho...
-
Company : Veneta Nusantara Industry : Retail Contact Person : HRD Description : Tinta Refill Printer ...
-
Selayang Pandang Program Keahlian : Teknik Komputer Dan Informatika Bidang Keahlian : Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kompetensi Ke...
-
Cara cepat memisahkan gambar dari background ada banyak cara. Disini saya akan menjelaskan cara yang menurut saya paling mudah... Namun ke...